Kamis, 05 Januari 2012

KAJIAN PEMAKAI

PERILAKU PEMAKAI TERHADAP LAYANAN INTERNET PADA SAMPOERNA CORNER DI UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS DIPONEGORO


A.     LATAR BELAKANG MASALAH
Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin cepat membawa dampak yang besar terhadap kehidupan. Kemajuan teknologi dalam kehidupan manusia membawa perubahan disetiap aspek kehidupan. Perubahan yang disebabkan oleh kemajuan teknologi semakin membuat manusia lebih mudah dalam segala pekerjaan. Banyaknya penemuan-penemuan baru dibidang teknologi membawa manusia haus akan informasi untuk mengembangkan dan menyempurnakan penemuan yang telah ada. Kebutuhan akan informasi yang begitu besar membuat perpustakaan dan informasi sebagai pusat informasi mempunyai tugas besar untuk menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh pemustakan.
Untuk bisa menyediakan informasi yang dibutuhkan pemustaka, perpustakaan dan pusat informasi harus selalu menyediakan layanan yang bisa memenuhi kebutuhan pemustaka akan keperluan informasi. Salah satu bentuk layanan yang bisa dijadikan  salah satu solusi pemenuhan informasi pemakai adalah layanan internet. Layanan internet menjadi sangat penting di era global ini, karena internet merupakan jendela penghubung dunia yang bisa membawa manusia mendapatkan semua informasi yang diinginkan.
Semakin majunya teknologi informasi yang bisa dimanfaatkan melalui internet, maka banyak mahasiswa dalam mencari informasi tidak bisa dilepaskan ari internet. Model pembelajaran dengan internet seperti kulon (kuliah online) yang telah diterapkan beberapa dosen di Universitas Diponegoro merupakan salah satu pemanfaatan internet untuk dunia pembelajaran. Dengan kuliah online tersebut mahasiswa dituntut untuk menggunakan internet. Untuk bisa menggunakan internet mahasiswa harus punya komputer atau laptop atau PC  yang semua harus dilengkapi modem atau mereka datang ke tempatyang menyediakan wifi. UPT Perpustakaan Universitas Diponegoro telah menyediakan wifi. Bagi mahasiswa yang tidak memiliki notebook, disediakan layanan internet secara gratis. Layanan internet gratis ini, berada pada ruang Sampoerna Corner yang telah menyediakan beberapa PC untuk digunakan pemustakaa secara gratis.
UPT Perpustakaan Universitas Diponegoro memiliki beberapa layanan. Layanan yang menjadi objek penelitian ini adalah layanan internet pada Sampoerna Corner. Layanan internet pada Samoerna Corner ini merupakan hadiah dari perusahaan sampoerna untuk univeritas-universitas terbaik di Indonesia. Sampoerna Corner menyediakan layanan internet pada pemustaka terutama mahasiswa universitas diponegoro untuk memenuhi kebutuhan informasi pemustakan. Kebutuhan informasi pemustaka dalam diketahui dari perilaku pencarian informasi yang mereka tunjukkan.
Perilaku pencarian informasi pada pemstakan memiliki pola tertentu yang menjadi gaya pencarian informasi setiap pemustaka. Dalam penelitian ini penulis mencoba meneliti perilaku pemakai terhadap layanan internet pada Sampoerna Corner di UPT Perpustakaan Universitas Diponegoro.

A.     RUMUSAN MASALAH

                  Dari latar belakang yang dijelaskan diatas, maka dapat dirumuskan permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah:
1.Bagaimanakah perilaku pemakai terhadap layanan internet pada Sampoerna Corner di UPT Perpustakaan Universitas Diponegoro?
2. Apakah yang menjadi faktor penghambat dalam pencarian informasi melalui layanan internet?
3. Bagaimanakah cara mengatasi faktor penghambat dalam pencarian informasi melalui layanan internet?

B.     TUJUAN PENELITIAN
Tujuan dalam penelitian ini adalah:
1.      Untuk mengetahui perilaku pemakai terhadap layanan internet pada Sampoerna Corner di UPT Perpustakaan Universitas Diponegoro.
2.      Untuk mengetahui faktor penghambat dalam pencarian informasi melalui internet.
3.      Untuk mengetahui cara mengatasi faktor penghambat dalam pencarian informasi melalui internet.


A.     MANFAAT PENELITIAN
Adapun manfaat yang diharapkan dari penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.      Manfaat secara teoritis
                  Penelitian ini semoga berguna untuk perkembangan ilmu pengetahuan dan dapat mengambarkan pola perilaku pencarian informasi
2.      Manfaat secara praktis
Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi mengenai perilaku pemakai dalam mencari informasi, sehingga dapat menjadi pertimbangan dalam membuat tindakan pemakai.










Tidak ada komentar:

Posting Komentar