Kamis, 05 Januari 2012

PROPOSAL KEGIATAN: KERJASAMA PERPUSTAKAAN

CONTOH KERJASAMA PERPUSTAKAAN


KERJASAMA PENGEMBANGAN PERPUSTAKAAN
A. JUDUL PROGRAM KERJASAMA

DIGITALISASI KARYA SASTRA PRAMOEDYA ANANTA TOER

B. LATAR BELAKANG KERJASAMA

Pramoedya Ananta Toer adalah sosok legendaries sastra Indonesia yang berhasil menjadi nominasi Nobel Internasional. Sosoknya dikenal di dunia internasional dan banyak mendapatkan penghargaan Internasional. Karya yang dihasilkan sebanyak 50 karya dan diterjemahkan ke dalam 41 bahasa di dunia. Karya yang paling terkenal adalah tetralogi buru, yang berjudul Bumi Manusia, Anak Semua Bangsa, Jejak  Langkah dan Rumah Kaca. Tetralogi ini adalah hasil karya Pram dipenjara pulau buru. Tetralogi ini mengangkat cerita terbentuknya nasionalisme dan kebangkitan nasional yang menjadi tokoh utama adalah Minke. Seorang yang benar hidup dan dikisahkan begitu menggelitik oleh Pram. Minke itu sebenarnya adalah Tirto Adhi Soerja.
Banyak hal yang membuat Pram menjadi besar, beliau adalah sosok yang wajib di tiru oleh generasi muda sepanjang hidup beliau tidak pernah menyerah dan tidak pernah meminta apapun kepada orang lain. Sangat keras dan idealis sekali. Beliau selalu membuat kliping dari Koran yang terbit setiap hari. Pram ingin membuat ensiklopedia Indonesiana. Sehingga dapat kita simpulkan Pram adalah pustakawan sejati. Sebelum meninggal dunia beliau punya cita – cita membangun perpustakaan umum dan rumah budaya di Blora bersama adik – adiknya yang punya jiwa yang sama mereka berusaha membuka perpustakaan yang akhirnya diberi nama Pataba yaitu perpustakaan Pramoedya anak Blora atau sekarang bukan hanya Blora tetapi anak bangsa. Perpustakaan Pataba dikelolah oleh adik Pram bernama Soesila Toer. Soelisa toer tinggal dirumah keluarga Toer bersama keluarga dan kakaknya Prawito.
Perpustakaan Pataba adalah wujud kecintaan Pram dan adik – adiknya terhadap Indonesia. Mereka berharap dengan adanya perpustakaan maka sumber belajar bagi masyarakat ada. Sehingga mereka akan bisa lebih berkembang. Perpustakaan pataba memiliki koleksi buku – buku dari Soesila Toer, banyak buku – buku karya Pram yang diterbitkan dalam berbagai bahasa juga dapat di temukan disana. Selain buku di perustakaan Pataba juga mengoleksi benda – benda bersejarah Pram semasa masih tinggal di rumah itu. Ada mesin ketik kuno, televisi hitam putih, kamar yang biasa dipakai oleh Pram, peralatan makan yang pernah digunakan Pram, sketsa wajah dan lukisan Pram dari berbagai penggemar Pram. Benda – benda seni, seperti patung Pram dan gambar – gambar atau lukisan kuno tentang keluarga Pram.

2
 
Perpustakaan PATABA harus memiliki karakteristik tersendiri yang akan dikenal oleh masyarakat yaitu karya Pramoedya yang tersimpan di perpustakaan PATABA. Untuk mengakses karya-karya Pramoedya harus dating ke perpustakaan atau beli di toko buku, namun itu tidak mudah karena tidak semua toko buku menjual karya tersebut dan tidak semua perpustakaan memiliki koleksi buku Pramoedya Ananta Toer. Oleh karena itu kami berusaha untuk mempermudah mengakses karya Pramoedya dengan mendigitalisasi karya sastra Pramoedya Ananta Toer di perpustkaan PATABA Kabupaten Blora.


C. PERUMUSAN MASALAH KERJASAMA
Mendigitalisasi karya sastra Pramoedya Ananta Toer di Perpustakaan PATABA Kabupaten Blora merupakan bentu kerjasama yang dilakukan DIKTI dan Perpustakaan PATABA sebagai salah satu upaya mewujudkan hasil deklarasi dalam  World Summit on Information Society (WSIS) – PBB,Tahun 2003 yang dihadiri oleh sekitar 191 delegasi dari berbagai negara termasuk Indonesia  merupakan Konferensi Tingkat Tinggi di Jenewa, Swiss – sebagai forum puncak aktivitas teknologi informasi internasional. Hasil yang dicapai dalam konferensi tersebut diantaranya adalah menekankan peranan penting Information and Communication Technology (ICT) sebagai salah satu pilar utama menuju masyarakat informasi. Target deklarasi WSIS adalah semua desa, sekolah, dan perpustakaan di dunia sudah harus memiliki koneksi Internet, listrik dan sarana komunikasi pada 2015. Maka dalam program ini kami berupaya untuk menerapkan ICT untuk mendigitalisasi  karya sastra Pramoedya Ananta Toer sebagai upaya mendukung hal tersebut.



D. TUJUAN KERJASAMA


3
 
Setiap program pasti memiliki tujuan dengan objek yang akan dikaji. Dalam
Program kerjasama ini , kami  mencoba untuk mengadakan program atau
kegiatan untuk mendigitalisasi karya sastra Pramoedya Ananta Toer di Perpustakaan PATABA Kabupaten Blora sebagai salah satu upaya untuk mendukung  target deklarasi World Summit on Information Society (WSIS).

E. KELUARAN KERJASAMA

Luaran dari kegiatan kerjasama ini adalah laporan kegiatan, artikel , web untuk mem-publish hasil digitalisasi karya sastra Pramoedya Ananta Toer dan Yayasan PATABA sebagai wadah digitalisasi karya sastra Pramoedya Ananta Toer.


F. KEGUNAAN KERJASAMA

Kegunaan dari kegiatan ini adalah
a). untuk membantu mempermudah masyarakat dalam mencari karya sastra Pramoedya  Ananta Toer.
b) Mendukung hasil deklarasi World Summit on Information Society (WSIS) di Jenewa Swiss pada tahun 2003.
c). Salah satu upaya pelestarian karya sastra.

G. GAMBARAN UMUM MASYARAKAT SASARAN

Dalam kegiatan ini, sasaran masyarakatnya adalah masyarakat Indonesia dan dunia yang membutuhkan informasi karya sastra Pramoedya Ananta Toer. Dalam kegiatan ini, sasaran masyarakatnya adalah masyarakat indonesia dan dunia yang membutuhkan karya Pramoedya Ananta Toer.
Pramoedya Ananta Toer adalah salah satu penulis yang terkenal tidak hanya di Indonesia. Beberapa karyanya telah diterjemahkan dalam berbagai bahasa. Belasan penghargaan telah diterimanya dari berbagai lembaga luar negeri, baik di bidang sastra maupun kemanusiaan.  Namun di Indonesia sendiri karya-karya Pramoedya sulit ditemukan. Hal itu berhubungan dengan pelarangan beredarnya karya-karya Pramoedya pada masa Orde Lama dan Orde Baru. Pramoedya merupakan anggota Lekra (Lembaga Kesenian Rakyat) yang dibentuk oleh Partai Komunis pada masa itu.

4
 
Dengan adanya pencabutan larangan tersebut ternyata tidak serta-merta membuat karya-karya Pramoedya beredar luas sehingga masyarakat masih sulit menemukannya. Di pasaran, karya-karya Pramoedya dipatok dengan harga tinggi sehingga tidak dapat dijangkau masyarakat. Maka dari itu kami berupaya untuk membantu perpustakaan PATABA dalam menyebarkan karya sastra Pramoedya melalui digitalisasi dan web.

.
H. RANCANGAN PELAKSANAAN KERJASAMA

  1. Digitalisasi karya sastra Pramoedya Ananta Toer
Untuk mendigitalisasi karya sastra Pramoedya Ananta Toer kami melakukan scanning karya sastra Pramoedya Ananta Toer. Semua buku karya Pramoedya Ananta Toer dan kliping dan semua yang terkait dengan Pramoedya Ananta Toer.

  1. Membuat Web
Untuk mem-publish  hasil karya yang sudah didigitalisasi maka kami membuat web. Dengan adanya web, masyarakat yang membutuhkan karya sastra Pramoedya Ananta Toer bisa mengakses secara bebas di web tersebut. Tidak semua isi buku Pramoedya Ananta Toer akan di publish di web, tetapi akan disimpan di pangkalan data di perpustakaan PATABA.

  1. Yayasan PATABA ( Pramoedya Ananta Toer Anak semua Bangsa)
Yayasan PATABA adalah rencana kami untuk menjadi pengelola program digitalisasi dan web untuk karya sastra Pramoedya Ananta Toer. Yayasan ini juga sebagai wadah untuk program ke depan untuk pengembangan perpustakaan PATABA. Untuk anggota Yayasan PATABA adalah anggota keluarga Pramoedya dan seluruh kalangan yang mendukung.




5
 
I. JADWAL KEGIATAN KERJASAMA
No
Kegiatan
Bulan
1
2
3
4
5
1
Persiapan Kegiatan





2
Pelaksanaan Kegiatan





3
Analisis Keberhasilan Kerjasama





4
Penyusunan Laporan







J. RANCANGAN BIAYA
Rekapitulasi Biaya Pelaksanaan Kerjasama :
1.Peralatan penunjang               : Rp 8.200.000,00
2. Biaya perjalanan                               : Rp 1.400.000,00
3. Biaya pengeluaran lain-lain    : Rp 400.000,00
Jumlah                                                : Rp 10.000.000,00
JENIS PENGELUARAN
ANGGARAN YANG DI USULKAN
Peralatan Penunjang

-#CPU @Rp 4.000.000,00 x 1
-#LCD Monitor @Rp 2.000.000,00 x 1
-#KeyBoard @Rp 300.000,00 x 1
-#Mouse @Rp 100.000,00 x 1
-#Printer Scanner @ 1.800.000,00 x 1


Rp   4.000.000,00
Rp   2.000.000,00
Rp      300.000,00
Rp      100.000,00
Rp   1.800.000,00

Sub Total
Rp   8.200.000,00
Biaya Kegiatan

-#Biaya Perjalanan PP Blora-SMG
    @Rp 100.000,00 x 3 mahasiswa x 3 kali
    (4 bulan)
-#Biaya Makan @5.000,00 (4 bulan)



Rp      900.000,00

Rp      500.000,00
Sub Total
Rp   1.400.000,00
Biaya Pengeluaran Lain

-#Cetak Proposal @1.000 x 30 lembar
-#Dokumentasi @100.000,00


Rp      300.000,00
Rp      100.000,00
Sub Total
Rp      400.000,00
Total
Rp 10.000.000,00
.K. SYARAT KERJASAMA

1.      kesadaran, kesediaan dan tanggung jawab untuk memberi maupun menerima permintaan serta menaati setiap peraturan, mekanisme maupun harga yang dibuat bersama, yang dituangkan dalam bentuk tertulis maupun lisan
2.      memiliki koleksi pustaka yang terorganisir dengan baik dan siap pakai
3.      memiliki catalog perpustakaan
4.      memiliki penanggung jawab dan tenaga yang dapat membimbing pengguna dalam mendayagunakan pustaka bersama
5.      memiliki peraturan/tata tertib perpustakaan
6.      memiliki koleksi karya sastra Pramoedya Ananta Toer atau karya sastra lama 

1 komentar:

  1. saya seorang staff di perpustakaan saya ingin membuat sebuah kegiatan kecil dengan toko buku yg berada dekat perpustakaan. kegiatan ini melibatkan anak-anak sekolah SD yg setiap minggunya kami panggil ke perpustakaan untuk membaca dan kegiatan sederhana lainnya, tp kali ini saya ingin agar kegiatan mengundang SD ke kantor perpustakaan bekerjasama dengan toko buku yg berada dekat dengan perpustakaan, kira-kira kegiatan apa ya yang bisa dilakukan dan kerjasama yg bagaimana ya? mohon masukannya. terimakasih sebelumnya

    BalasHapus