Kamis, 05 Januari 2012

YPPI

Pustakawan sejati :
Emang penuh aksi

YPPI mengisi liburanku kali ini. Senin pagi yang cerah dengan penuh semangat aku pergi mencari kantor YPPI di jalan Rungkut permai VIII H 8, ternyata lokasinya tidak jauh dari rumah kakakku yang aku singgahi. Senang dan tidak aku sangka kehadiranku di terima dengan sangat baik oleh YPPI. Aku berkenalan dengan team YPPI yang kreatif, mereka sangat ramah, sausana kekeluargaan sangat kental dan keakraban mengisi hari – hari kerja mereka yang sibuk. Kerjasama yang sangat solid bias dilihat di team YPPI. Semua itu tidak lepas dari peranan seorang pemimpin yang sangat gigih membangun YPPI, beliau adalah seorang wanita yang tangguh dan sangat disiplin, beliau adalah mbak Trini.

            Awal kenalanku dengan YPPI adalah saat Mbak Trini dan Mas Ari berkunjung ke kampus kami di Universitas Diponegoro Semarang. Beliau memperkenalkan YPPI kepada mahasiswa Ilmu perpustakaan dan salah satuny adalah aku. Saat mbak Trini menawari siapa saja boleh main ke YPPI, aku sangat tertarik untuk main kesana, akhirnya tgl 7 sampe 11 februari 2011 aku bersama 4 orang teman mahasiswa  berkunjung ke YPPI. Sambutan hangat sangat kekeluargaan yang aq dapatkan dari keluarga besar YPPI.

            Dengan  Randon yang sudah bu Trini siapkan, kami mahasiswa undip siap menjalankan semua acara. Keliling TBM ( Taman Bacaan Masyarakat) Surabaya dan Pasuruan, Perpustakaan kota Surabaya, Perpustakaan Propinsi Jatim dan  House of  Sampoerna dan masih banyak tempat yang lain.

            Pengalamanku selama di YPPI  yang paling berkesan adalah saat bu Trini memberi saya kesempatan untuk ikut ke Malang. Di Malang kami berkunjung ke perpustakaan Universitas Brawijaya dan di lanjutkan ke sebuah desa di kabupaten Malang. Sebuah desa tempat  tinggal seseorang yang sangat gigih dalam berjuang mencerdaskan kehidupan bangsa. Seseorang itu adalah Eko Cahyono, Beliau adalah Pustakawan sejati. Walau bukan dari latar belakang perpustakaan secara formal tapi beliau melakuakan aksi yang luar biasa yang membuat kami para pustakawan secara formal kalah. Ini yang membuat saya sangat berkesan dan memberi saya inspirasi untuk lebih menjadi yang terbaik yang biasa dilakukan oleh seorang pustakawan.

            Pustakawan sejati menurut saya adalah orang - orang yang sangat peduli dengan ilmu pengetahuan, ingin berbagi dan membangun orang lain untuk menjadi lebih baik dengan sebuah media. Media ini bisa apa saja yang penting bisa mendukung perkembangan manusia.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar